Rabu, 19 Mei 2010

Coffee Prince & The 1st Shop of Coffee Prince

  • Coffee Prince & The 1st Shop of Coffee Prince
Adegan dalam Coffee Prince {Korean Drama} yang tayang di Indosiar,
Choi Han-kyeol adalah seorang pria sombong yang berasal dari keluarga terpandang dan kaya raya, ia termasuk pria yang tidak percaya akan cinta dan tidak menginginkan pernikahan terjadi dalam hidupnya.
 
 
Sifat pemuda itu sangat kontras dengan Go Eun-chan yang saking tomboynya, orang sering salah mengira dirinya sebagai seorang laki-laki. Ia tipe perempuan pekerja keras karena harus menghidupi ibu dan adiknya, serta mau melakukan segala macam pekerjaan mulai dari menjadi seorang pelayan, pengantar makanan, susu, koran, dan lain-lain. Pertemuan keduanya terjadi dua kali tanpa sengaja. Yang Pertama saat Eun-chan mengantar makanan ke rumah Han-kyeol dengan memakai helm dan kaos oblong. Mengira gadis itu adalah pria, dengan cueknya Han-kyeol mempersilahkan Eun-chan masuk sementara ia hanya mengenakan sehelai handuk. Bisa ditebak, Eun-chan langsung terbirit-birit keluar dari tempat itu secepat mungkin.
Yang kedua terjadi saat ada pencopetan. Kebetulan Eun-chan mengenal si pencopet yang tiada lain tiada bukan adalah teman adiknya. Mengira Eun-chan adalah komplotan si pencopet, hampir saja kemarahan Han-kyeol meledak.
 

Cerita bertambah menarik saat tokoh-tokoh selanjutnya muncul. Yang pertama adalah sepupu Han-kyeol bernama Choi Han-seong, seorang produser musik yang cukup sukses, namun gagal dalam kisah asmara. Perempuan yang ia cintai Han Yoo-joo tiba-tiba pergi begitu saja. Kebetulan, perempuan itu pula yang selama 9 tahun secara diam-diam dicintai oleh Han-kyeol.




 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Drama Korea Coffe Prince
Dua tahun setelah kejadian, Yoo-joo mendadak kembali ke Seoul dan berusaha keras untuk bisa kembali ke pelukan Han-seong. Namun karena masih sakit hati (ditambah mulai tertarik dengan sosok Eun-chan yang dianggap unik), pria itu menepis keras ajakan sang mantan kekasih.
Sama seperti dengan Han-kyeol, perkenalan Eun-chan dan Han Seong juga penuh kejutan. Setiap pagi, Eun-chan selalu mengantar susu dan mengajak bicara anjing kesayangan pria itu. Perilaku unik tersebut mengundang rasa ingin tahu Han-seong tentang gadis tomboy pengantar susunya.
Sementara itu setelah mendapat ultimatum dari sang nenek, mau tidak mau Han-kyeol harus menangani sebuah kedai kopi yang baru dibeli oleh keluarga mereka. Awalnya Han-kyeol menolak tugas itu namun akhirnya berubah pikiran karena ingin membuktikan kemampuan.
Demi menarik pelanggan wanita di kedai yang diberi nama Coffee Prince tersebut, Han-kyeol memutuskan untuk mempekerjakan karyawan yang semuanya berjenis kelamin laki-laki. Dasar nasib, Eun-chan yang sedang kesulitan keuangan akhirnya melamar pekerjaan disana.
Karena mengira Eun-chan laki-laki, maka Han-kyeol langsung menerima `pria` itu. Saat ini lah kita bisa menyaksikan banyak kekonyolan, saat Han-kyeol mulai merasakan getar-getar aneh saat berdekatan dengan Eun-chan. Sempat meragukan seksualitasnya sendiri, Han-kyeol bahkan sempat pergi ke psikiater untuk mengetahui apakah dirinya telah berubah menjadi homoseksual.
 

Demi menjaga harga dirinya, ia pun menghindari Eun-chan. Keruan saja, gadis itu kebingungan dengan perubahan sikap bosnya yang tiba-tiba. Namun pada akhirnya Han-kyeol tak bisa menahan lagi dan ia mencium sang bawahan seperti layaknya laki-laki mencium perempuan. Ia bahkan mengesampingkan harga dirinya dan tak peduli pandangan orang lain yang menganggapnya aneh.
Tidak bisa dipungkiri, serial garapan MBC ini merupakan salah satu melodrama Korea yang paling banyak dibicarakan di tahun 2007 meski pada kenyataannya Coffee Prince alias Keopi Peurinseu 1 Hojeom ‘hanya’ menduduki peringkat tertingginya di posisi kedua untuk urusan rating sepanjang pemutaran.
Uniknya, kasus serupa juga sempat dialami Goong alias Princess Hours setahun sebelumnya. Kebetulan, keduanya sama-sama dibintangi oleh Yoon Eun-hye yang aktingnya disebut mengalami kemajuan pesat. Bahkan untuk perannya kali ini, aktris yang mantan personil BabyVOX itu sampai nekat membabat rambut panjangnya.
 

Sama seperti serial Korea lainnya, tidak lengkap membicarakan Coffee Prince tanpa menyebut deretan aktor yang tampil. Sudah tentu, nama pertama yang diingat adalah Gong Yoo yang tampil dingin. Selain itu, tidak ketinggalan Lee Seon-gyoon dan Chae Jeong-ahn yang mampu memanaskan konflik yang terjadi.
Coffee Prince terasa makin lengkap dengan deretan lagu apik yang mewarnai serial berdurasi 17 episode itu, sebut saja mulai dari The Melody dengan Goodbye hingga Kopi Hanchan Ottae yang disuarakan oleh Humming Urban Stereo featuring Yojo.
Meski akhir cerita drama romantis ini sudah bisa diperkirakan, ditambah cerita yang sedikit bertele-tele di bagian akhir, namun bagi penggemar melodrama Korea khususnya yang ingin melihat sekuat apa chemistry antara dua pemeran utamanya, Coffee Prince pantang untuk dilewatkan.
Sutradara: Lee Yoon-jeong
Penulis: Lee Soon-mi
Produksi: MBC Korea
Durasi: 17 Episode
Tgl. Rilis: 2007
Pemain: Yoon Eun-Hye, Gong Yoo, Chae Jung Ahn, Lee Seon-Gyeon


Serial The 1st Shop of Coffee Prince sukses menciptakan tren baru di Korea. Interior yang unik dalam serial ini menjadi tren di mana-mana. Serial yang dibintangi Yoon Eun Hye yang rela memotong pendek rambutnya ala lelaki ini menjadi inspirasi bagi banyak toko di Seoul– di mana desain cafenya sangat mencolok mata.
Coffee Prince juga mendapat julukan sebagai “majalah fashion berjalan” untuk tokoh yang dimainkan Goong Yoo – model yang beralih profesi menjadi aktor itu tampil bersih dengan gaya metroseksual. Ia mengenakan kemeja bersiluet ramping dengan lengan yang ditekuk, lengkap dengan celana rapi dan sepatu keren...........



Selasa, 18 Mei 2010

God Of Study

God Of Study
 Deskripsi:
Kang Seok-ho (Kim Su-Ro) adalah seorang pengacara dan mantan anggota geng motor. Dia kemudian mengambil posisi untuk menghidupkan kembali sekolah tingkat ketiga tinggi bernama "Byeong-Mun High School". Untuk menghidupkan kembali sekolah, Kang Seok-ho kebutuhan siswa untuk menjadi diterima ke universitas bergengsi.Karena itu, Kang Seok-ho mulai kelas khusus dan menjadi guru untuk kelas itu. Kang Seok-ho membawa siswa, yang memiliki skor buruk, dan menuntun mereka untuk tidak hanya meningkatkan nilai mereka, tetapi pandangan mereka terhadap kehidupan. Salah satu siswa tersebut adalah Baek-hyeon Hwang (Yu Seung-Ho) seorang mahasiswa pemberontak dan keras kepala yang mirip dengan Kang Seok-ho pada usia itu. kepribadian yang kuat mereka menyebabkan mereka memiliki bentrokan, namun secara bertahap, Baek-hyeon Hwang terbuka sampai metode pengajaran Seok-ho dan akhirnya menjadi murid terbaik di kelas. 
Ini adalah salah satu drama korea yang kayanya akan juga booming.. :0 Drama ini akan ditampilkan di KBS merupakan adaptasi dari manga Jepang Dragon Zakura. Ceritanya bermula saat seorang guru akan memberikan bimbingan masuk universitas untuk 5 murid yang “payah”. Oh,iah salah satu pengisi soundtracknya adalah T-Max yang udah ketahuan sukses dengan lagunya ‘paradise’. Di Sutradara oleh Yoo Hyun Ki dan Penulis Yoon Kyung Ah. God of Study akan mulai tayang di KBS setiap Senin dan Selasa. Premier 4 Januari 2010. 
top universitas bergengsi "Memasuki Korea sangat mudah jika Anda dilengkapi dengan ketekunan kemampuan belajar, dan strategi yang hati-hati" Kang Seok-ho, seorang mantan remaja nakal-berpaling-pengacara, diminta untuk menjaga likuidasi dari Sekolah Tinggi Byeong-mun.Melihat situasi sulit sekolah tersebut menelusuri, Seok-ho memutuskan untuk menyelamatkan sekolah dan satu-satunya solusi, dan dia datang dengan untuk menjaga sekolah dari perpisahan adalah menghasilkan sebanyak-ha Cheon University (CU) pelamar.Seok-ho berharap bahwa jika sekolah terus meningkatkan jumlah pelamar CU setiap tahun, siswa lebih ingin menerapkan untuk sekolah, dan yang membantu Byeong-mun mengatasi kesulitan keuangan.Dia diizinkan untuk membuat sebuah kelas khusus dengan syarat bahwa ia akan membawa 5 siswa dalam tiga hari dan meningkatkan nilai-nilai mereka ke titik di mana mereka dapat memasuki Universitas Cheon-ha tanpa kesulitan. Sementara itu, sekelompok kreditor tongkang ke tempat Hwang Baek-hyeon itu.Baek-hyeon, seorang mahasiswa tinggi Byeong-mun, adalah anak-anak nakal yang tidak memiliki instudy bunga.Dari simpati, Seok-ho memobilisasi semua pengetahuan yang dia dapat untuk menyelamatkan keluarga Baek-hyeon itu.Dia menekankan pentingnya belajar Baek-hyeon dengan mengatakan "Jika Anda tidak ingin tertipu oleh orang lain, semua yang dapat Anda lakukan isstudy, belajar dan belajar!Penuh dengan antisipasi besar, memulai Seok-ho di kelas khusus. Dia membuat lima siswa hidup bersama dan mengundang instruktur profil tinggi. Sekarang perjalanan untuk menghidupkan kembali tinggi Byeong-mun bermasalah dimulai! 
 
 
Pemain : Kim Soo Ro as Kang Suk Ho Bae Doo Na as Han Soo Jung Oh Yoon Ah as Jang Ma Ri Yoo Seung Ho as Hwang Baek Hyun Ji Yeonas Na Hyun Jung Go Ah Sung as Gil Pul Ip Lee Hyun Woo as Hong Chan Doo Lee Chan Ho as Oh Bong Goo Byun Hee Bong as Cha Ki Bong Lee Byung Joon as Anthony Yang Im Ji Eun as Lee Eun Yoo Go Joo Yun as Lee Ye Ji Shim Hyung Tak as Jang Young Shik Park Chil Yong as Ha Sang Kil Lee Dal Hyung as Park Kwi Nam Im Sung Min as Bae Young Sook Kim Young Ok as Lee Boon Yi Bang Eun Hee as Han Ae Shim Kim Ha Kyoon as Oh Dal Shik Park Chul Hoas Hong Choong Shik Koo Hye Ryung<(구혜령) as Hwang Geum Joo Kang Yi Seul as Kim Jung Hee Park Hwi Soon(박휘순) as Sa Do Chul Hong Il Kwon as (Suk Ho's friend) Kim Ye Rang T-ara (cameo)   
    The Students:
  • Yoo Seung as Hwang Baek Hyun  
 
Yoo Seung Ho as Hwang BaekHyun,16 adalah pemimpin grup ke-5 murid itu. Dia keras kepala dan seorang troublemaker ha..ha. Kehilangan kedua orang tuanya, ia tumbuh di tangan neneknya. Selama ini di seluruh hidupnya, ia tidak memiliki tujuan apa pun dalam hidupnya ,hingga ia dapat menjadi anak laki-laki yang keras kepala dan tangguh di luar, tapi sebenarnya dia adalah cucu laki-laki yang mencintai neneknya. Dan untuk neneknya, bersedia melakukan apa pun untuknya. 
  • Go Ah Sung as Gil Pul Ip
 
 Go Ah Sung as Gil PulEp, 17. seorang yang tulus dan jujur tapi tidak tekun. Dia tinggal bersama ibunya yang mengelola toko minuman kecil. Dia menghadapi masalah saat merawat ibunya, yang memimpikan cinta yang tidak realistis. Dia bekerja keras, tapi sedih ketika nilai-nilainya tidak mencerminkan usahanya. 
  • Lee Hyun Woo as Hong Chan Doo  
 
 
     Lee Hyun Woo as Hong ChanDoo, 16. mempesona dan komikal karakter.Dia tidak pernah belajar karena ia terlalu cinta dengan musik dan berdansa. Anggota keluarganya semua sangat pintar dan berbakat, ia pemuda yang tidak mudah khawatir. 
  • Ji Yeon as Na Hyun Jung  
 
 Ji Yeon as Na HyunJung, 16. adalah seorang yang tenang dan santai, hanya dia tidak punya tujuan dan dekat dengan BaekHyun.  
  • Lee Chan Ho as Oh Bong Goo 
Lee Chan Ho as Oh BongGoo, 20. adalah seorang yang pemalu dan tidak mau menonjolkan dirinya.Dia hidup damai dengan keluarganya yang memiliki restoran BBQ. Dia selalu terbuka di sekitar rumah, tapi ketika dia keluar ke suatu tempat, ia tiba-tiba berubah menjadi orang yang pemalu yang hampir tidak terlihat bahkan di sekitar sekolah.
 
serial TV "Master Of Study" tidak pernah drama dibuat dengan baik, bahkan di akhir. Dari terhadap target pemirsa mungkin, cerita mungkin telah terlalu satu-dimensi dan bergerak maju tanpa membuat banyak masalah, tapi kadang-kadang dibuat saat kebosanan dan guru siswa dan heroik pengacara hak asasi manusia Kang Seok-ho (dimainkan oleh Kim Soo-ro) berakhir yang tersisa di jalan diprediksi. Adegan perpisahan antara Hahn Soo-jung (diperankan oleh Bae Doona) dan Kang Seok-ho bahkan ditampilkan opera sabun-kualitas sambil memberikan alasan tidak ada. 
Meskipun kekurangan seperti, "Master of Study" adalah sebuah drama yang memiliki kekuatan misterius untuk menarik penonton pada saat-saat tertentu. Di pusat banding tersebut berdiri realitas yang diciptakan oleh para aktor muda yang bermain siswa dari kelas "khusus" Cheonha University. Para aktor muda, menuangkan air mata sambil menikmati off Kang Seok-ho, ditampilkan ekspresi wajah yang hanya dapat ditunjukkan oleh orang-orang yang telah memberikan mereka semua impian mereka, seperti mahasiswa Byung-moon High School. Pul-ip (dimainkan oleh Ko Ah-seong) dan Bong-goo (dimainkan oleh Lee Chan-ho) harus diterima, Baek-hyun (diperankan oleh Yoo Seung-ho) pergi setelah mimpi yang ia telah menyerah, Chan- Doo (diperankan oleh Lee Hyun-woo) mempelajari bagaimana menyerah untuk mendapatkan apa yang dia inginkan dan Hyun-jung (diperankan oleh Jiyeon) akhirnya mulai memikirkan apa yang diinginkannya. 
Bahkan dengan begitu-dan-jadi konsekuensi, sulit untuk hanya mengkritik drama ini. Sementara kekhawatiran mereka dangkal, ruang lingkup yang sempit dan solusi mereka miring, aktor yang entah bagaimana berhasil dalam menyampaikan tema yang sangat kuno 'bekerja keras untuk mencapai mimpi'. Mereka bahkan meyakinkan pemirsa untuk setuju dengan mereka, mengatakan bahwa semua yang mereka perlu lakukan adalah memasukkan cita-cita mereka sendiri di tempat tema acara - akademisi atau perguruan tinggi bergengsi. Tapi sungguh, dibandingkan dengan cerita-cerita tentang seorang ibu rumah tangga menghidupkan kembali kekayaan keluarga dengan keahlian memasak dan seorang gadis muda miskin menaiki tangga sosial dengan menikahi up, solusi yang terlihat dalam "Master of Study" itu tak tahu malu namun lebih realistis dan jujur.
 

4Minute - Dreams Come True (God Of Study OST) 

한번쯤은 - T-MAX (God Of Study OST) 

 

Senin, 17 Mei 2010

KEGAGALAN PASAR DLM PERSPEKTIF ETIKA

KEGAGALAN PASAR DLM PERSPEKTIF ETIKA

3.1 BENTUK-BENTUK STRUKTUR PASAR KONSUMEN
  1. PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
  2. PASAR MONOPOLISTIK
  3. PASAR OLIGOPOLI
  4. PASAR MONOPOLI
1. Pasar Persaingan Sempurna
  • Jenis pasar persaingan sempurna terjadi ketika jumlah produsen sangat banyak, dengan memproduksi produk yg sejenis & mirip, dengan jumlah konsumen yang banyak.
  • Contoh : barang kebutuhan pokok
 Sifat pasar persaingan sempurna :
1. jumlah penjual & pembeli sama-sama banyak
2. barang yang di jual sejenis, serupa, dan mirip satu sama lain
3. penjual bersifat pengambil harga (price taker)
4. harga ditentukan mekanisme pasar pemintaan & penawaran (supply & demand)
5. posisi tawar konsumen kuat
6. sulit memperoleh keuntungan di atas rata-rata
7. sensitif terhadap perubahan harga
8. mudah untuk keluar & masuk dari pasar
2. Pasar Monopolistik
 Struktur pasar monopolistik terjadi manakala jumlah produsen atau penjual banyak dengan produk yang serupa, namun konsumennya berbeda antara produsen satu dengan produsen yang lain.
 Contoh : buku; pulpen; snack & softdrink
 Sifat-sifat pasar monopolistik :
1. untuk unggul dlm pasar diperlukan keunggulan bersaing yang berbeda
2. mirip dengan pasar persaingan sempurna
3. brand yang menjadi ciri khas produk berbeda-beda
4. produsen atau penjual hanya memiliki sedikit kekuatan merubah harga pasar.
3. Pasar Oligopoli
 Pasar oligopoli adalah suatu bentuk persaingan pasar yang di dominasi oleh beberapa produsen atau penjual dalam satu wilayah area.
 Contoh : industri semen di Indonesia; industri mobil di Amerika.
 Sifat-sifat pasar oligopoli :
1. Harga produk yang dijual relatif sama
2. Pembedaan produk (differentiation) yang unggul merupakan kunci sukses
3. Sulit masuk ke pasar karena butuh sumberdaya yang besar.
4. Perubahan harga akan diikuti produsen lain.
4. Pasar Monopoli
 Pasar Monopoli akan terjadi jika dalam pasar konsumen hanya terdiri dari satu produsen atau penjual.
 Contoh : Microsoft windows, PLN, PT KAI
 Sifat-sifat pasar monopoli :
1. Hanya terdapat satu penjual atau produsen
2. Harga & jumlah kuantitas produk yang ditawarkan dikuasai oleh perusahaan monopoli.
3. Umumnya monopoli dijalankan oleh pemerintah untuk kepentingan hajat hidup orang banyak.
4. Tidak butuh strategi & promosi untuk sukses
5. Hanya ada satu jenis produk tanpa ada alternatif pilihan.
3.2 MONOPOLI Bahan Bakar Minyak :
 BBM di INDONESIA dikuasai oleh PT PERTAMINA
 Masuknya Petronas & Shell (2006) membuat praktek monopoli penjualan BBM oleh Pertamina di Indonesia berakhir.
 PERTAMINA kini memiliki pesaing, untuk dapat mempertahankan daya saing perlu inovasi, efisiensi, dan efektifitas dlm kegiatan usahanya.
 Maret 2009, muncul TOTAL OIL milik Perancis ikut meramaikan pangsa pasar BBM di INDONESIA.
3.3 Pertumbuhan alami MONOPOLI
 PASAR MONOPOLI juga BISA TERJADI secara ALAMIAH, karena PENGUASAAN TEKNOLOGI atau MODAL KAPITAL yang BESAR.
 Saat sang PEMAIN MONOPOLI mulai melakukan tindakan merugikan masyarakat; saat ini pula KEBIJAKAN PERSAINGAN USAHA mulai berperan.
3.4 Kebijakan mengatur Pasar Oligopoli
 Pada prakteknya, pasar oligopoli memiliki kebaikan seperti :
 Adanya efisiensi dalam menjalankan kegiatan produksi
 Persaingan antara perusahaan akan memberikan keuntungan bagi konsumen dalam hal harga & kualitas barang.
3.5 Kelemahan pasar oligopoli :
 Dibutuhkan investasi & modal yang besar untuk memasuki pasar, kaena adanya skala ekonomis yang telah diciptakan perusahaan sehingga sulit bagi pesaing baru untuk masuk ke dalam pasar.
 Bila ada perusahaan yang memiliki hak paten atas sebuah produk, maka tidak memungkinkan bagi perusahaan lain untuk memproduksi barang sejenis
 Perusahaan yang telah memiliki pelanggan setia akan menyulitkan perusahan lain untuk menyaingi.
 Hambatan jangka panjang seperti pemberian hak waralaba oleh pemerintah sehingga perusahaan lain tidak bisa masuk pasar.
 Kemungkinan terjadi kolusi antara perusahaan di pasar yang dapat membentuk monopoli atau kartel yang merugikan masyarakat.
 KARTEL : kelompok produsen independen yang bertujuan menetapkan harga, untuk membatasi suplai & kompetisi.
3.6 Kebijakan pemerintah terhadap Pasar Oligopoli
1) Memberikan aturan kemudahan bagi perusahaan baru untuk masuk ke dalam pasar & ikut menciptakan persaingan, seperti masuknya Petronas & Shell.
2) Memberlakukan undang-undang anti kerjasama antar produsen, yaitu UU anti-monopoli No. 5 Tahun 1999
3) Untuk mengawasi persaingan usaha, pemerintah Indonesia membentuk KPPU

3.7 JENIS-JENIS PASAR OLIGOPOLI DI INDONESIA
 PASAR OLIGOPOLI MURNI (PURE OLIGOPLY)
 PASAR OLIGOPOLI DENGAN PERBEDAAN (DIFFERENTIATED OLIGOPOLY)
3.8 PURE OLIGOPOLY
 MERUPAKAN PRAKTEK OLIGOPOLI dimana BARANG yang DIPERDAGANGKAN MERUPAKAN BARANG yang BERSIFAT IDENTIK/MIRIP, (MISAL PRAKTEK OLIGOPOLI PD PRODUK AIR MINERAL DALAM KEMASAN atau SEMEN)
3.9 DIFFERENTIATED OLIGOPOLY
 MERUPAKAN PRAKTEK PASAR OLIGOPOLI dimana BARANG yang DIPERDAGANGKAN DAPAT DIBEDAKAN (MISAL PASAR SEPEDA MOTOR di INDONESIA yang DIKUASAI BEBERAPA MERK TERTENTU SEPERTI : HONDA; YAMAHA, dan SUZUKI)
3.10 DIFERENSIASI Produk yang Mirip/IDENTIK
 PRODUK YANG MIRIP BISA TERDIFERENSIASI KARENA GEOGRAFI (LOKASI)
 MISAL : LOKASI ALFAMART di SUATU DAERAH LEBIH NYAMAN DITEMPUH daripada INDOMARET YG BERLOKASI LIMA RUMAH di SEBELAHNYA. ALFAMART BERLOKASI di DAERAH YG TDK TERLALU RAMAI untuk DISEBERANGI PEMBELI dibanding INDOMARET.
 PRODUK YANG MIRIP BISA TERDIFERENSIASI KARENA IKLAN YANG TERUS-MENERUS
 MISAL : CAIRAN PENCUCI RAMBUT merk SUNSILK yang BERBOTOL HIJAU adalah untuk PEMAKAI JILBAB. APA ISINYA BERBEDA DGN BOTOL KUNING, HITAM, MERAH MUDA ATAU YG LAIN ? mungkin HANYA PEWANGI & WARNA YG BEDA, TETAPI ISINYA SEMUA SAMA YAITU CAIRAN PENCUCI RAMBUT/SHAMPOO DARI BAHAN KIMIA YG SAMA.
3.11 Kesimpulan :
 Keempat bentuk struktur pasar yang ada semuanya memiliki unsur yang dapat diterima maupun unsur yang tidak cocok dengan kondisi di Indonesia.
 Keempatnya pernah berperan dalam ekonomi, bentuk mana yang paling berperan..?
 Apa peran pemerintah dalam mengatur pasar perekonomian Indonesia.. ?

Etika Dalam Sistem Ekonomi


Etika Dalam Sistem Ekonomi
2.1  “ Etika dalam Sistem Ekonomi “
Terkait dengan Keadilan Ekonomi / economic justice, yg bertalian dengan proses produksi, distribusi, perdaganganEra pasar bebas (globalisasi),
maka etika ekonomi dihadapkan pada fakta :
      Pemerasan tenaga kerja untuk menaikkan produksi atau mengganti bahan baku dengan mutu yang jelek untuk menaikkan laba.
      Distribusi barang dan jasa yang tidak merata, hanya diakses oleh kelompok/pihak tertentu.
      Kue ekonomi tak dapat dibagi rata secara adil terkait dengan perdagangan export dan import komoditi
2.2 KONSEPTUALISASI TENTANG GLOBALISASI
  1. Globalisasi keuangan dan pemilikan capital/modal (Tahap awal ditandai dengan globalisasi pemilikan saham)
     Deregulasi pasar financial
     Mobilitas kapitas melintasi batas nasional suatu Negara
     Merger dan akuisisi
     Tahap awal ditandai dengan globalisasi pemilikan saham
  1. Globalisasi kemampuan regulasi dan governance
¡  Pengurangan peran pemerintah dalam menentukan regulasi ekonomi (dominasi pasar lebih besar)
  1. Globalisasi sebagai unifikasi politik dunia
¡  Pengintegrasian masyarakat dunia dalam satu system ekonomi global dipimpin satu Negara inti yang berpengaruh menentukan system.
2.3 Pandangan Tentang Ekonomi Mikro dan Makro
Ø  Dalam menganalisis ekonomi mikro pada umumnya meliputi bagian-bagian kecil dari keseluruhan kegiatan perekonomian.
Ø  Mikro ekonomi lebih menitik beratkan pada analisis mengenai masalah membuat pilihan untuk :
      Mewujudkan efisiensi dalam penggunaan sumber-sumber ekonomi, dan
      Mencapai kepuasan yang maksimum dalam penggunaan sumber-sumber tersebut.
¨  Dalam teori ekonomi mikro pada hakikatnya menerangkan bagaimana sesuatu masyarakat yang memiliki faktor-faktor produksi yang terbatas, mempunyai keinginan untuk memperoleh barang dan jasa yang maksimum, yaitu dengan membuat berbagai pilihan dalam memproduksi dan mengkonsumsi sehingga kepuasan dan kesejahteraan masyarakat dapat dimaksimumkan.
Secara garis besar permasalah kebijakan ekonomi makro mencakup dua hal yaitu :
Ø  Masalah jangka pendek atau masalah stabilisasi perekonomian, yaitu tentang inflasi, pengangguran dan neraca pembayaran.
Ø  Masalah jangka panjang atau masalah pertumbuhan ekonomi.
¨  Sedang dalam ekonomi makro lebih global atau menyeluruh meliputi perubahan-perubahan keseluruhan dalam kegiatan ekonomi. Makro ekonomi menerangkan tentang :
Ø  Pentingnya segi permintaan dalam menentukan tingkat kegiatan dalam perekonomian
Ø  Pentingnya kebijakan dan campur tangan pemerintah untuk mewujudkan kegiatan perekonomian pada tingkat yang terkendali.
2.4  Organisasi Sistem Ekonomi
¨  Sistem ekonomi dapat digambarkan dalam model yang disederhanakan, yang biasa disebut arus perputaran (circular flow) sebagai berikut :
Ø  Arus uang sebagai pengeluaran konsumen (biaya hidup/cost of living);
Ø  Arus uang sebagai penerimaan perusahaan (= business receipts) Kedua arus ini terjadi melalui pasar barang dan jasa konsumtif.
Ø  Arus uang sebagai pengeluaran perusahaan (biaya produksi/cost of production).
Ø  Arus uang sebau penerimaan pendapatan masyarakat (consumers’ income) Kedua arus ini terjadi melalui pasar sumber-sumber ekonomi.
Ø  Model di atas menggambarkan suatu sistem perekonomian yang stasioner. Artinya, arus uang melalui pasar brang dan jasa konsumtif sama dengan arus uang melalui pasar sumber-sumber ekonomi, yang berarti bahwa dalam masyarakat tersebut tidak ada tabungan (saving), penanaman modal (investment), penggantian barang modal (replacement), atau penyusutan (depretion).
Ø  Model tersebut dapat diperluas dan dibuat lebih kompleks menurut keperluan, umpamanya, untuk menggambarkan perekonomian yang tumbuh, perekonomian yang mundur, atau untuk menggambarkan peran pemerintah dalam kehidupan ekonomi.