Kamis, 13 Mei 2010

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN


1.1 SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Ø  Perkembangan sistem informasi manajemen telah menyebabkan terjadinya perubahan yang cukup signifikan dalam pola pengambilan keputusan yang dilakukan oleh manajemen baik pada tingkat operasional (pelaksana teknis) maupun pimpinan pada semua jenjang
Ø  Perkembangan ini juga telah menyebabkan perubahan-perubahan peran dari para manajer dalam pengambilan keputusan, mereka dituntut untuk selalu dapat memperoleh informasi yang paling akurat dan terkini yang dapat digunakannya dalam proses pengambilan keputusan
Ø  Meningkatnya penggunaan teknologi informasi, khususnya internet, telah membawa setiap orang dapat melaksanakan berbagai aktivitas dengan lebih akurat, berkualitas, dan tepat waktu
Ø  Setiap organisasi dapat memanfaatkan internet dan jaringan teknologi informasi untuk menjalankan berbagai aktivitasnya secara elektronis seperti terlihat pada
Ø  Para manajer di berbagai organisasi juga diharapkan dapat dengan lebih mudah untuk menganalisis kinerjanya secara konstan dan konsisten dengan pemanfaatan teknologi informasi yang tersedia.
Ø  sistem informasi manajemen ini, topik-topik yang dibahas antara lain berkenaan dengan bagaimana pemanfaatan teknologi informasi dikaitkan dengan pentingnya atau bantuannya dalam proses pengambilan keputusan manajemen.
Ø  Selain itu dibahas pula mengenai perkembangan dari sistem informasi manajemen, tahap-tahap pengembangan sistem, dan peran penting dari sistem pendukung untuk pengambilan keputusan
Ø  mengenai dampak atau pengaruh etika dan sosial dari sistem informasi
Ø  Pembahasan modul sistem informasi manajemen ini menggunakan pendekatan bagaimana penerapannya pada sektor publik, hal ini sejalan dengan sasaran pengguna  ini yaitu para pegawai di lingkungan instansi pemerintahan
Ø  kebijakan pemerintah khususnya Inpres No.1 Tahun 2006 tentang Pengembangan Pendayagunaan Telematika di Indonesia dan Inpres No.3 Tahun 2003 Tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government


1.2 TUJUAN SIM
Ø  memperoleh pengetahuan dasar mengenai sistem informasi manajemen dan memahami peran sistem informasi manajemen dalam proses pengambilan keputusan
Ø  pemahaman yang memadai akan materi sistem informasi manajemen merupakan langkah awal, khususnya bagai auditor, untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahamannya mengenai audit atas sistem informasi.
1.3  TUJUAN SECARA KHUSUS
1.      memiliki satu pengertian tentang sistem informasi manajemen dankemampuan dasar dari sistem tersebut, dapat menguraikan hambatanhambatan dalam perkembangan SIM dan mampu mengidentifikasi struktur hirarki pengguna SIM dan tingkatan manajemen dalam pengambilan keputusan;
2.      mampu menjelaskan arti penting dari sistem pendukung yang digunakan untuk mempertajam kualitas pengambilan keputusan, mampu menguraikan dan menjabarkan model-model sistem pendukung yang umum digunakan dalam berbagai aktivitas dan kegiatan yang dilaksanakan dan memberikan dukungan khususny kepada auditor untuk dapat memanfaatkan model sistem pendukung
Ø  ­di dalam pelaksanaan penugasan audit;
3.      mampu menjelaskan pendekatan dan model yang digunakan dalam pengembangan sistem informasi, mampu menguraikan dan menjabarkan proses pengembangan perangkat keras dan perangkat
Ø  lunak untuk merancang sistem informasi, dan memahami jangka waktu yang dibutuhkan untuk pengembangan sistem informasi;
4.      mampu menjelaskan berbagai risiko khususnya terkait dengan kerentanan dan gangguan teknologi informasi dalam sistem informasi dan mampu menguraikan unsur-unsur pengendalian dalam sistem informasi untuk meminimalkan kemungkinan terjadinya bencana (disaster), kesalahan (errors), interupsi pelayanan dan kejahatan terhadap pemanfaatan komputer; dan
  1. mampu menjelaskan mengenai dampak perkembangan dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap etika dan lingkungan sosial masyarakat pengguna, memahami bagaimana etika berhubungan dengan sistem informasi dan mengenali peran etika dalam organisasi dan perlunya penerapan budaya etika.



1.4 DISKRIPSI SIM
Ø  memberikan dasar-dasar aplikasi praktis guna meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai pemanfaatan teknologi informasi dalam proses pengambilan keputusan manajemen khususnya pada sektor publik
Ø  memberikan dasar-dasar aplikasi praktis guna meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai pemanfaatan teknologi informasi dalam proses pengambilan keputusan manajemen khususnya pada sektor publik
Ø  konsep-konsep sistem informasi manajemen dan dilengkapi dengan berbagai contoh dan kasus terkait dengan topik-topik yang dibahas
1.5 KONSEP DASAR SISTEM INFORMASI
Ø  memiliki satu pengertian mengenai sistem informasi manajemen dan kemampuan dasar dari sistem tersebut;
Ø  dapat menguraikan hambatan-hambatan dalam perkembangan SIM; dan
Ø  mampu mengidentifikasi struktur hirarki pengguna SIM dan tingkatan manajemen
Ø  dalam pengambilan keputusan.
1.6 Pengertian Sistem Informasi
Ø  sebagai satu sistem berbasis komputer yang menyediakaninformasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang serupa
Ø  Sistem informasi memuat berbagai informasi penting mengenai orang, tempat, dan segala sesuatu yang ada di dalam atau di lingkungan sekitar organisasi.
Ø   Informasi sendiri mengandung suatu arti yaitu data yang telah diolah ke dalam suatu bentuk yang lebih memiliki arti dan dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.
Ø  Data sendiri merupakan faktafakta yang mewakili suatu keadaan, kondisi, atau peristiwa yang terjadi atau ada di dalam atau di lingkungan fisik organisasi
1.7  Sistem informasi mengandung tiga aktivitas
1).    masukan (input),
2).    pemrosesan (processing),
3).    dan keluaran (output).

1.8 Tiga aktivitas dasar ini menghasilkan informasi yang dibutuhkan organisasi untuk
Ø   Masukan berperan di dalam pengumpulan bahan mentah (raw data), baik yang diperoleh dari dalam maupun dari lingkungan sekitar organisasi.
Ø   Pemrosesan berperan untuk mengkonversi bahan mentah menjadi bentuk yang lebih memiliki arti.
Ø  Sedangkan, keluaran dimaksudkan untuk mentransfer informasi yang diproses kepada pihak-pihak atau aktivitasaktivitas yang akan menggunakan. Sistem informasi juga membutuhkan umpan balik (feedback), yaitu untuk dasar evaluasi dan perbaikan di tahap input berikutnya.
1.9  Perkembangan Sistem Informasi Manajemen (SIM)
Ø  tahun 1964, komputer generasi baru memperkenalkan prosesor baru yang menggunakan silicon chip circuitry dengan kemampuan pemrosesan yang lebih baik
Ø  mempromosikan generasi komputer tersebut, para produsen memperkenalkan konsep system informasi manajemen dengan tujuan utama yaitu aplikasi computer adalah untuk menghasilkan informasi bagi manajemen
1.10 Perhatian terhadap Manajemen lnformasi
Ø   meningkatnya kompleksitas kegiatan organisasi tata kelola pemerintahan dan meningkatnya kemampuan komputer meningkatnya kompleksitas kegiatan organisasi tata kelola pemerintahan dan meningkatnya kemampuan komputer
Ø  mendorong manajer untuk meningkatkan kemampuan kompetitif (competitive advantage) organisasi yang dikelolanya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar