Senin, 17 Mei 2010

KEGAGALAN PASAR DLM PERSPEKTIF ETIKA

KEGAGALAN PASAR DLM PERSPEKTIF ETIKA

3.1 BENTUK-BENTUK STRUKTUR PASAR KONSUMEN
  1. PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
  2. PASAR MONOPOLISTIK
  3. PASAR OLIGOPOLI
  4. PASAR MONOPOLI
1. Pasar Persaingan Sempurna
  • Jenis pasar persaingan sempurna terjadi ketika jumlah produsen sangat banyak, dengan memproduksi produk yg sejenis & mirip, dengan jumlah konsumen yang banyak.
  • Contoh : barang kebutuhan pokok
 Sifat pasar persaingan sempurna :
1. jumlah penjual & pembeli sama-sama banyak
2. barang yang di jual sejenis, serupa, dan mirip satu sama lain
3. penjual bersifat pengambil harga (price taker)
4. harga ditentukan mekanisme pasar pemintaan & penawaran (supply & demand)
5. posisi tawar konsumen kuat
6. sulit memperoleh keuntungan di atas rata-rata
7. sensitif terhadap perubahan harga
8. mudah untuk keluar & masuk dari pasar
2. Pasar Monopolistik
 Struktur pasar monopolistik terjadi manakala jumlah produsen atau penjual banyak dengan produk yang serupa, namun konsumennya berbeda antara produsen satu dengan produsen yang lain.
 Contoh : buku; pulpen; snack & softdrink
 Sifat-sifat pasar monopolistik :
1. untuk unggul dlm pasar diperlukan keunggulan bersaing yang berbeda
2. mirip dengan pasar persaingan sempurna
3. brand yang menjadi ciri khas produk berbeda-beda
4. produsen atau penjual hanya memiliki sedikit kekuatan merubah harga pasar.
3. Pasar Oligopoli
 Pasar oligopoli adalah suatu bentuk persaingan pasar yang di dominasi oleh beberapa produsen atau penjual dalam satu wilayah area.
 Contoh : industri semen di Indonesia; industri mobil di Amerika.
 Sifat-sifat pasar oligopoli :
1. Harga produk yang dijual relatif sama
2. Pembedaan produk (differentiation) yang unggul merupakan kunci sukses
3. Sulit masuk ke pasar karena butuh sumberdaya yang besar.
4. Perubahan harga akan diikuti produsen lain.
4. Pasar Monopoli
 Pasar Monopoli akan terjadi jika dalam pasar konsumen hanya terdiri dari satu produsen atau penjual.
 Contoh : Microsoft windows, PLN, PT KAI
 Sifat-sifat pasar monopoli :
1. Hanya terdapat satu penjual atau produsen
2. Harga & jumlah kuantitas produk yang ditawarkan dikuasai oleh perusahaan monopoli.
3. Umumnya monopoli dijalankan oleh pemerintah untuk kepentingan hajat hidup orang banyak.
4. Tidak butuh strategi & promosi untuk sukses
5. Hanya ada satu jenis produk tanpa ada alternatif pilihan.
3.2 MONOPOLI Bahan Bakar Minyak :
 BBM di INDONESIA dikuasai oleh PT PERTAMINA
 Masuknya Petronas & Shell (2006) membuat praktek monopoli penjualan BBM oleh Pertamina di Indonesia berakhir.
 PERTAMINA kini memiliki pesaing, untuk dapat mempertahankan daya saing perlu inovasi, efisiensi, dan efektifitas dlm kegiatan usahanya.
 Maret 2009, muncul TOTAL OIL milik Perancis ikut meramaikan pangsa pasar BBM di INDONESIA.
3.3 Pertumbuhan alami MONOPOLI
 PASAR MONOPOLI juga BISA TERJADI secara ALAMIAH, karena PENGUASAAN TEKNOLOGI atau MODAL KAPITAL yang BESAR.
 Saat sang PEMAIN MONOPOLI mulai melakukan tindakan merugikan masyarakat; saat ini pula KEBIJAKAN PERSAINGAN USAHA mulai berperan.
3.4 Kebijakan mengatur Pasar Oligopoli
 Pada prakteknya, pasar oligopoli memiliki kebaikan seperti :
 Adanya efisiensi dalam menjalankan kegiatan produksi
 Persaingan antara perusahaan akan memberikan keuntungan bagi konsumen dalam hal harga & kualitas barang.
3.5 Kelemahan pasar oligopoli :
 Dibutuhkan investasi & modal yang besar untuk memasuki pasar, kaena adanya skala ekonomis yang telah diciptakan perusahaan sehingga sulit bagi pesaing baru untuk masuk ke dalam pasar.
 Bila ada perusahaan yang memiliki hak paten atas sebuah produk, maka tidak memungkinkan bagi perusahaan lain untuk memproduksi barang sejenis
 Perusahaan yang telah memiliki pelanggan setia akan menyulitkan perusahan lain untuk menyaingi.
 Hambatan jangka panjang seperti pemberian hak waralaba oleh pemerintah sehingga perusahaan lain tidak bisa masuk pasar.
 Kemungkinan terjadi kolusi antara perusahaan di pasar yang dapat membentuk monopoli atau kartel yang merugikan masyarakat.
 KARTEL : kelompok produsen independen yang bertujuan menetapkan harga, untuk membatasi suplai & kompetisi.
3.6 Kebijakan pemerintah terhadap Pasar Oligopoli
1) Memberikan aturan kemudahan bagi perusahaan baru untuk masuk ke dalam pasar & ikut menciptakan persaingan, seperti masuknya Petronas & Shell.
2) Memberlakukan undang-undang anti kerjasama antar produsen, yaitu UU anti-monopoli No. 5 Tahun 1999
3) Untuk mengawasi persaingan usaha, pemerintah Indonesia membentuk KPPU

3.7 JENIS-JENIS PASAR OLIGOPOLI DI INDONESIA
 PASAR OLIGOPOLI MURNI (PURE OLIGOPLY)
 PASAR OLIGOPOLI DENGAN PERBEDAAN (DIFFERENTIATED OLIGOPOLY)
3.8 PURE OLIGOPOLY
 MERUPAKAN PRAKTEK OLIGOPOLI dimana BARANG yang DIPERDAGANGKAN MERUPAKAN BARANG yang BERSIFAT IDENTIK/MIRIP, (MISAL PRAKTEK OLIGOPOLI PD PRODUK AIR MINERAL DALAM KEMASAN atau SEMEN)
3.9 DIFFERENTIATED OLIGOPOLY
 MERUPAKAN PRAKTEK PASAR OLIGOPOLI dimana BARANG yang DIPERDAGANGKAN DAPAT DIBEDAKAN (MISAL PASAR SEPEDA MOTOR di INDONESIA yang DIKUASAI BEBERAPA MERK TERTENTU SEPERTI : HONDA; YAMAHA, dan SUZUKI)
3.10 DIFERENSIASI Produk yang Mirip/IDENTIK
 PRODUK YANG MIRIP BISA TERDIFERENSIASI KARENA GEOGRAFI (LOKASI)
 MISAL : LOKASI ALFAMART di SUATU DAERAH LEBIH NYAMAN DITEMPUH daripada INDOMARET YG BERLOKASI LIMA RUMAH di SEBELAHNYA. ALFAMART BERLOKASI di DAERAH YG TDK TERLALU RAMAI untuk DISEBERANGI PEMBELI dibanding INDOMARET.
 PRODUK YANG MIRIP BISA TERDIFERENSIASI KARENA IKLAN YANG TERUS-MENERUS
 MISAL : CAIRAN PENCUCI RAMBUT merk SUNSILK yang BERBOTOL HIJAU adalah untuk PEMAKAI JILBAB. APA ISINYA BERBEDA DGN BOTOL KUNING, HITAM, MERAH MUDA ATAU YG LAIN ? mungkin HANYA PEWANGI & WARNA YG BEDA, TETAPI ISINYA SEMUA SAMA YAITU CAIRAN PENCUCI RAMBUT/SHAMPOO DARI BAHAN KIMIA YG SAMA.
3.11 Kesimpulan :
 Keempat bentuk struktur pasar yang ada semuanya memiliki unsur yang dapat diterima maupun unsur yang tidak cocok dengan kondisi di Indonesia.
 Keempatnya pernah berperan dalam ekonomi, bentuk mana yang paling berperan..?
 Apa peran pemerintah dalam mengatur pasar perekonomian Indonesia.. ?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar